Biodata

Foto saya
Lifestyle of Medan's People, Do You Want to Beat it...???

06 Juli 2009

Kisah Umar ketika Menjadi Khalifah (3)

Khalifah Umar Meminjam Uang

Pada suatu hari, Khalifah Umar bin Khattab r.a membutuhkan uang untuk keperluan pribadi.
ia menghubungi Abdurrahman bin 'Auf, sahabat yang tergolong kaya, untuk meminjam uang 400 dirham.

Abdurrahman bertanya:
"Mengapa engkau meminjam dari saya? Bukankah kunci baitul maal (kas negara) ada di tanganmu? mengapa engkau tidak meminjam dari sana?".

Umar r.a menjawab:
"Aku tidak mau meminjam dari baitul maal.
Aku takut pada saat maut merenggutku, engkau dan segenap kaum muslimin menuduhku sebagai pemakai uang baitul maal.
Dan kalau hal itu terjadi, di akhirat amal kebajikanku pasti dikurangi.
Sedangkan kalau aku meminjam dari engkau, jika aku meninggal sebelum aku melunasinya, engkau dapat menagih utangku dari ahli warisku"

Tidak ada komentar: