Biodata

Foto saya
Lifestyle of Medan's People, Do You Want to Beat it...???

13 November 2009

SUMPAH PALAPA nya Patih GajahMada

Kita mungkin sudah sangat tidak asing dengan nama seorang tokoh Gajah Mada yang namanya lebih terkenal dari pada kerajaannya. Begitu juga dengan sumpah palapa yg pernah diikrarkannya, tapi saya yakin kita sangat asing dengan apa dan bagaimana isi dari sumpah sang legendaris tersebut.

Berikut adalah isi Sumpah palapa yg pernah diucapkan beliau...

"Sira Gajahmada, pepatih amungkubumi tan ayun amukti palapa.
Sira Gajahmada Lamun huwus kalah nusantara
ingsun amukti palapa,
Lamun kalah ring Gurun,
Ring Seram,
Tajungura,
ring Haru,
ring pahang,
Dompo,
ring Bali,
Sunda,
palembang,
Tumasik,
Samana ingsun amukti palapa"


Berhubung saya bukan orang Jawa, saya gak tahu persis arti dari ucapan sumpah sang maestro nusantara-Gajah Mada-ini, tapi kurang lebih makna yang terkandung dalam sumpah yang diucapkan sang maestro ini adalah sebagai berikut (kalo salah atau kurang tepat silahkan ditegur ya kawan2...hehehe)

"GajahMada sang Mahapatih tidak akan menikmati palapa selama aku belum bisa mempersatukan nusantara.
Aku tidak akan menikmati palapa sebelum menaklukkan pulau Gurun,
pulau Seram,
Tanjung pura,
pulau Haru,
pulau pahang,
Dompo,
pulau Bali,
Sunda,
palembang,
Tumasik,
aku tidak akan menikmati palapa"

Tidak ada komentar: