Biodata

Foto saya
Lifestyle of Medan's People, Do You Want to Beat it...???

22 September 2010

TIPS MENJAGA VOKAL (SUARA)





Suara adalah salah satu anugerah besar dari Tuhan pada kita. Maka menjadi hal yg lumrahlah manakala kita mensyukuri anugerah besar tersebut dengan menjaganya. Bisa kita bayangkan, betapa bingung cemasnya kita bila pada suatu pagi kita bangun dengan mendapatkan suara kita sudah hilang dan tidak bisa diaktifkan lagi sebagaimana biasanya. Waaahhh.........di saat itulah kita akan merasakan betapa besarnya anugerah suara yg telah diberikan Tuhan pada kita.

Atau di sisi lain, suara juga memiliki nilai materi. Artinya, dari suara seseorang mampu menghasilkan pendapatan dengan mengolah suaranya dalam lirik2 lagu, atau syair, puisi, atau bahkan dengan teriakan hingga kemampuan mengumandangkan adzan yang spektakuler. Nah, pada sisi kedua inilah pada umumnya orang memiliki kesadaran yg lebih utk mnjaga suaranya dgn sebaik-baiknya. Namun tentu saja, bukan artinya kita sebagai orang2 yg jauh dari dunia hiburan boleh meremehkan masalah suara ini.

Kalaulah anda termasuk org yg memang meremehkan dan akan selalu meremehkan masalah suara, tentu saja saya tidak berhak untuk melarang2 anda atas pendirian anda tersebut. Hanya saja, saya berharap anda dan kita semua tidaklah pernah menjadi orang yang anti dengan ilmu dan wawasan, seperti artikel yg saya repost ini contohnya...
:-)

Sebelumnya saya mohon maaf bila isi tulisan ini memang lebih cenderung memfokuskan pembicaraannya kepada para penyanyi/vocalist. Sekali lagi, bagi anda yg bukan vocalist, semoga tulisan ini bisa dijadikan bahan penambah wawasan bagi anda dan orang2 yg anda sayangi.

Oke dech, langsung aja nih...
Berikut ada beberapa kiat menjaga suara agar tetap tampil prima, terutama disaat anda sedang melakukan Tour :

1.Tidur yang cukup adalah hal wajib untuk seorang vokalis.
Selama di tur biasanya ia menghabiskan 4 sampai 6 jam buat tidur. Jangan sampe di panggung stamina loe kepayahan karena kurang tidur.

2. Perbanyak minum air putih.
Hindari untuk meminum teh, kopi, alcohol. dan air bersoda yang terlalu banyak. Usahakan hanya meminum 2-3 gelas perhari. Menurut penelitian terlalu banyak berjemur dipanas matahari dan berada diruangan ber AC menurunkan kualitas suara.Yang tak kalah penting adalah menjaga jumlah cairan di dalam tubuh. karna, cairan tubuh itu penting agar vokal tetap terjaga.

3. Intinya adalah banyak-banyak makan selama tur untuk mendukung stamina yang sudah ditunjang oleh poin pertama, dan bila jenis makanan tertentu mempengaruhi kualitas vokal, sebaiknya langsung dihentikan. Banyak vokalis yang bermasalah dengan makanan yang banyak mengandung minyak.

4. Pergunakanlah waktu seefisien mungkin.
Jangan memanfaatkan waktu senggang dengan dengan hal yang gak penting yang dapat menyebabkan kualitas vokal terganggu. Contohnya, kalo loe suka nonton bola, gausah ikutan teriak-teriak sampe serak sambil ngemil makanan yang bikin suara loe makin amblas.

5. Pemanasan
Melatih suara sama dengan melatih otot diperlukan pemanasan. Teknik yang bisa dilakukan antara lain :
a. Lion Face bertujuan melemaskan otot-otot muka.
Muka diciutkan bersamaan dengan menguncupkan jari – jari kedua tangan. Kemudian dilebarkan dengan menjulurkan lidah. Frekwensi 5 x @ 5 Hitungan
b. Mengatupkan Gigi bertujuan melemaskan otot-otot rahang.
Gigi dikatupkan dengan kuat, sementara bibir terbuka bersamaan dengan itu kedua tangan dikepalkan, 10 x @5 hitungan
6. Hindari makan terlalu malam
Makan terlalu malam mengakibatkan pencernaan yang tidak sempurna sehingga mempengaruhi kerja tenggorokan yang akan mempengaruhi kualitas vokal.
7. Mengontrol stress
Stress yang berlebihan dapat mengakibatkan menurunnya kualitas suara. Gunakan teknik relaksasi dan bernafas yang dalam dapat mengurangi stress.

dikutip dari:
http://www.musik-duma.blogspot.com
http://www.ratih1727.multiply.com

Tidak ada komentar: